Minggu, 21 Februari 2016

Resep Es Goyang Lengkap Dengan Proses Simpel dan Sederhana.

Resep Es Goyang - Kenangan memang merupakan suatu potongan sejarah yang telah terjadi dan tak akan bisa kembali lagi. Seiring dengan perkembangan zaman pun, kuliner yang dahulunya kita pernah cicipi sekarang tidak dapat ditemukan atau meskipun ada, tapi sulit. Salah satu kuliner yang biasa kita cicipi ialah es goyang yang berasal dari Bandung tapi sering dijumpai dijakarta. Es krim ala Indonesia yang tenar ditahun 90an ini banyak ditemukan disekolah - sekolah. Tapi sekarang es goyang ini sangat sulit untuk ditemukan bahkan disuatu daerah tidak dijumpai lagi es goyang ini. Es Goyang juga ternyata proses pembuatannya mudah dan sederhana. Untuk mengatasi rasa kangen untuk mencicipi Es Goyang, berikut ini resep Es Goyang lengkap dengan proses simpel dan sederhana.


Resep Es Goyang
 
Es Goyang
Bahan Utama :
  • 50 gram tepung hunkwe
  • 500 ml santan kelapa asli (dari 1 butir kelapa)
  • 70 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh cokelat bubuk
Bahan Topping :
  • Es batu
  • Coklat cair
  • Kacang
Cara Membuat :
  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, yaitu santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, serta juga cokelat bubuk.
  2. Bahan – bahan ini dimasak di atas api kecil dan terus diaduk – aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.
  3. Setelah masak, Anda bisa mulai menyiapkan sebuah cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box / kotak yang diisi dengan pecahan es batu dan garam.
  4. Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang telah masak tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi pecahan es dan garam tadi.
  5. Kemudian, goyang – goyangkan saja box / cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin lama jadi.
  6. Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan stik kayu khusus es krim lalu tunggu hingga es krim jadi.
  7. Nah, es spesial goyang ini ternyata tak hanya begitu saja dinikmati. Anda pun bisa mencicipi es ini dalam balutan rasa topping yang lezat.
  8. Misalnya saja, Anda bisa mencelupkannya kembali dengan coklat masak cair. Anda juga bisa membuat pasta kacang yang membuat sendiri.
Demikianlah informasi seputar resep Es Goyang lengkap dengan proses simpel dan sederhana. Untuk mendapatkan informasi lain mengenai resep masakan enak, silahkan berkunjung ke blog resep masakan enak, semoga bermanfaat.

Resep Es Goyang Lengkap Dengan Proses Simpel dan Sederhana. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar